Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) BAHAGIA Sumatera Utara adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial RI di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, dengan wilayah pelayanan regional terbatas, meliputi Propinsi Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat. Menempati luas areal 8.960 m2 (128 x 70 m2), berlokasi di Jl. Williem Iskandar No. 377 Kel. Sidorejo Hilir Kec. Medan Tembung, Medan 20222 Telp/Fax : 061-6613305, panti ini memiliki fasilitas pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang cacat tubuh potensial berupa sarana dan prasarana pengasramaan, pendidikan, serta kegiatan penunjang keterampilan.

TUGAS POKOK

Panti Sosial Bina Daksa "Bahagia" Sumatera Utara mempunyai tugas melaksanakan perlindungan, advokasi, pelayanan dan rehabilitasi sosial, pemberian informasi, rujukan, koordinasi dan kerjasama dengan instansi lain bagi penyandang cacat agar mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

FUNGSI

 

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program, evaluasi dan laporan.
  2. Pelaksanaan registrasi, observasi, identifikasi, diagnosa sosial dan perawatan.
  3. Pelaksanaan pelayanan dan rehabilitasi sosial yang meliputi bimbingan mental, sosial, fisik dan keterampilan.
  4. Pelaksanaan resosialisasi, penyaluran dan bimbingan lanjut.
  5. Pelaksanaan pemberian informasi dan advokasi.
  6. Pelaksanaan pengkajian dan penyiapan standar pelayanan dan rehabilitasi sosial.
  7. Pelaksanaan urusan Tata Usaha.

 

TUJUAN

Memulihkan kembali kondisi fisik, psikis, mental dan sosial serta pemberian keterampilan praktis kepada penyandang cacat, sehingga mereka mau dan berkemampuan melaksanakan fungsi sosial secara wajar dan baik di masyarakat.

KAPASITAS PANTI

Panti Sosial Bina Daksa "BAHAGIA" Sumatera Utara ini memiliki kapasitas isi/tampung untuk 50 orang penerima manfaat.