PSBRW melati mempunyai tugas memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial yang bersifat kuratif, rehabilitatif, promotif, dalam bentuk bimbingan pengetahuan dasar pendidikan, fisik, mental sosial, pelatihan keterampilan, resosialisasi, bimbingan lanjut bagi penyandang rungu wicara agar mampu mandiri berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan, pemberian informasi dan rujukan.

Program pelayanan rehabilitasi sosial yang dilaksanakan PSBRW Melati adalah ditujukan bagi penyandang disabilitas rungu wicara yang masih usia potensial/produktif, sehingga dapat mengikuti program pelayanan mulai dari tahapan pendekatan awal sampai dengan tahap terminasi. Sehubungan dengan program pelayanan tersebut, maka diperlukan pelayanan prima untuk memenuhi Undang – undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan 9 (sembilan) agenda pembangunan nasional yang salah satunya ditekankan pada kepatuhan terhadap komponen standar pelayanan publik. PSBRW Melati sebagai Unit Pelaksana Teknis yang berada di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI yang sehari-hari di bina oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan bimbingan dan pelayanan terhadap disabilitas rungu wicara dalam rangka percepatan kualitas pelayanan.

Panti Sosial Bina Rungu Wicara “Melati” Jakarta beralamat di Jalan Gebang Sari No. 38 Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

 

   TUJUAN LAYANAN

 

1.       Terwujudnya sistem penyelenggaranaan pelayanan yang profesional dan akuntabel.

2.       Terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

3.       Terpenuhinya persamaan hak dan kewajiban serta perlindungan bagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan di PSBRW Melati.

4.       Terwujudnya Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial bagi Penerima Layanan sesuai dengan standar pelayanan.

 

     MANFAAT LAYANAN

 

1.       Manfaat pelayanan untuk memberikan kepastian, keterbukaan dan informasi mengenai pelayanan PSBRW Melati.

2.       Memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki sebagai bekal menuju kemandirian.

3.       Mewujudkan hak-hak penyandang disabilitas khususnya penyandang disabilitas rungu wicara.

 

    BENTUK PRODUK LAYANAN

 

Bentuk produk layanan yang diberikan kepada Penerima Layanan berupa jasa yang meliputi:

1.       Bimbingan Fisik dan Pemeliharaan Kesehatan

2.       Bimbingan Mental, Sosial dan Spiritual

3.       Bimbingan Pengetahuan Dasar

4.       Bimbingan Vokasional/Keterampilan kerja dan Pemagangan

5.       Bina Wicara Secara Individual dan Kelompok

6.       Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI)

7.       Program Pembinaan Orang Tua/Wali dan Alumni

8.       Outreach/Penjangkauan Luar Panti, Home Care, Day Care dan Family Support

 

     KUOTA (VOLUME) LAYANAN TAHUN 2015

Kuota layanan Panti Sosial Bina Rungu Wicara “Melati” tahun 2015 terdiri dari: layanan dalam panti dan layanan luar panti. Layanan dalam panti sebanyak 80 orang meliputi wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan layanan luar panti berupa Outreach, Family Care dan Home Care direncanakan 4 lokasi yaitu Sumedang sebanyak 25 orang, Purwakarta sebanyak 25 orang, Jakarta Selatan sebanyak 25 orang dan Jakarta Pusat sebanyak 25 orang.

 

      KRITERIA.

 

Program rehabilitasi sosial yang diberikan dalam panti dengan mengasramakan penyandang disabilitas rungu wicara Penerima Pelayanan maksimal 1 s/d 3 tahun (sesuai hasil assesmen). Tanpa Dipungut Biaya/Gratis.

Bagi keluarga/wali penyandang disabilitas rungu wicara yang berminat untuk mengikutsertakan anak / anggota keluarganya pada program bimbingan rehabilitasi sosial pada Panti Sosial Bina Rungu Wicara “Melati”, persyaratan yang harus dipenuhi calon Penerima Layanan adalah sebagai berikut:

1.       Disabilitas rungu wicara

2.       Tidak cacat ganda (tuna netra, tuna grahita, tuna daksa)

3.       Umur 15 s/d 30 tahun

4.       Bersedia diasramakan

5.       Belum pernah menikah/melahirkan

 

      SYARAT

 .                1. Surat Permohonan orang tua/wali

2.              2. Surat Pernyataan orang tua/wali anak belum menikah dan tidak dinikahkan selama mengikuti bimbingan pendidikan dalam Panti

3.             3. Surat Pernyataan orang tua/wali dan calon Penerima Layanan setuju, bersedia mematuhi peraturan panti dan menerima kembali Penerima Layanan setelah menerima bimbingan dari panti, dibuat 

    di             atas materai 6000

4.              4.  Foto copy KTP calon Penerima Layanan dan orang tua/wali serta foto copy Kartu Keluarga (KK)

5.             5.  Surat Keterangan Domisili dari RT/RW setempat

6.             6.  Surat Keterangan Dokter

7.            7. Foto copy Ijazah/STTB atau Surat keterangan pernah sekolah

8.             8.  Pas foto ukuran 2x3 (4 lembar) dan 4x6 (4 lembar) berwarna

9.             9.  Rujukan dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi/Kabupaten/Kota