LATAR BELAKANG

Panti Sosial Marsudi Putra Paramita Mataram Melaksanakan pelayanan dan rehabilitasi kepada anak dan remaja berstatus eks anak berhadapan dengan hukum (ABH) yang berstatus offender dan defender untuk diberikan rehabilitasi sosial serta ketrampilan sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat menjalankan fungsi sosialnya.

Kategori ABH yang berstatus offender dan defender meliputi pelaku , saksi, maupun korban yang terlibat dalalam pelanggaran hukum.

Berdasarkan hal tersebut, Kemmenterian Sosial RI berupaya melakukan rehabilitasi bagi anak/remaja yang pernah terlibat maupun menunjukkan indikasi keterlibataan dalam tindakan pelanggaran hukum melalui Panti Sosial MArsudi Putra (PSMP) Paramita mataram yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah koordinasi langsung Dirjen Rehabilitasi Sosial kementerian Sosial RI. Tujuan Program ini adalah memulihkan fungsi sosial mereka yang pernah melakukan tindakan pelanggaran hukum agar di terima secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat.

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PSMP PARAMITA MATARAM

  1. Panti Sosial Marsudi Putra Paramita Mataram berdiri tanggal 1 April 1986 melalui kegiatan proyek penyantunan dan pengentasan anak nakal dan korban narkoba dengan menggunakan gedung sasana rehabilitasi Tuna Karya "Dharma Karya".
  2. Ditetapkan melalui surat keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 58/HUK/1986 dengan nama Panti Rehabilitasi Anak Nakal "Parmadi Putra".
  3. Pada tahun 1989 namanya di ganti menjadi Panti Sosial MArsudi Putra "Paramita" Mataram melalui surat keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 6/HUK/1989.
  4. Berdasarkan keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 22/HUK/1995, tanggal 24 April 1995, PSMP "Paramita" Mataram ditetapkan menjadi Eselon III Type A.