Panti Sosial Bina Netra Tumou Tou Manado berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 50.000 M2 (5 Ha) yang beralamat di Jl. Daan Mogot No. 116 - 118 Kel. Paal IV Ling. V Kec. Tikala Kota Manado Sulawesi Utara dengan Sertifikat Hak Pakai Nomor 13 Tahun 1981.

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah yang berada dibawah Departemen Sosial RI Cq. Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, maka Panti Sosial Bina Netra Tumou Tou Manado mempunyai komitmen untuk memberikan program pelayanan dan rehabilitasi sosial yang terbaik kepada para disabilitas  pada khususnya serta penyandang masalah kesejahteraan sosial pada umumnya yang didasarkan pada Pasal 2 Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 59/HUK/2003 yang antara lain  menyebutkan Panti Sosial mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dan rehabilitasi  sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial agar mereka mampu berperan aktif, berkehidupan dalam masyarakat dll.

Panti Sosial Bina Netra Tumou Tou Manado sendiri didirikan atas gagasan Bpk L.M. Frans yang pada tahun 1968 menjabat sebagai Kepala Jawatan Sosial Propinsi Sulawesi Utara. Sebagai tindak lanjut dari gagasan tersebut, maka pada tahun 1970 dibuatlah rencana awal beserta dengan besaran anggarannya untuk mengadakan sarana dan prasarana pendukung berdirinya sebuah panti.Berdasarkan SK Mensos RI No. 3/xx/x/71 tanggal 20 Februari 1971 diturunkanlah dana untuk mendirikan gedung asrama pertama dengan kapasitas 20 orang penyandang cacat netra. Pada bulan Maret 1972 dilakukan seleksi awal dan diperoleh 7 orang kelayan. Selanjutnya untuk memaksimalkan pelayanan kepada penyandang disabilitas netra , maka didatangkan tenaga terampil dari Pemalang, yaitu Bpk Karto Soewena (instruktur awas) dan dari Yogyakarta, yaitu Bpk Aris Dompis (Penyandang cacat netra).

Dengan adanya kelayan, instruktur dan sarana dan prasarana, maka pada tanggal 3 Mei 1972 dilakukan peresmian panti dengan nama Pusat Pendidikan dan Pengajaran Kegunaan Tuna Netra (P3KT), yang kemudian pada tahun 1979 nama tersebut berubah menjadi Sasana Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (SRPCN) Tumou Tou Manado, Selanjutnya menjadi Panti sosial Bina Netra Tumou Tou Manado.