GAMBARAN UMUM

Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Mahatmiya merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial Republik Indonesia, bergerak dibidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan (ODK), bertugas memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas agar mampu mandiri. PSBN Mahatmiya Bali dalam rangka implementasi hak-hak serta peningkatan kesejahteraan orang dengan kecacatan melalui rehabilitasi sosial di dalam panti dan di luar panti. ODK yang belum atau tidak memungkinkan untuk diberikan rehabilitasi sosial di dalam panti maka akan dilayani di luar panti (outreach services). PSBN Mahatmiya Bali memiliki kapasitas tampung 90 orang penerima manfaat terdiri dari 70 orang penyandang disabilitas netra dan penyandang disabilitas multi layanan 20 orang. Jangkauan pelayanan meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, Maluku serta Jawa Timur bagian timur.

Alamat Kantor :
Jalan S. Parman No 1  Tabanan - Bali
Telp/fax : 0361-811661
Kode Pos : 82123
Website : http://mahatmiya.kemsos.go.id
email : psbnmahatmiya@kemsos.go.id

SEJARAH

Awal  1957
Berdiri yayasan pendidikan Dria Raba "Panti Guna Dria Raba"
1 -10-1959
Berganti Nama Menjadi Sasana Rehabilitasi Penderita Catat Netra “Dria Raba”
17 -01-1985
Nama "Dria Raba diganti dengan "Mahatmiya"
15 -10-1985 
Pindah alamat ke Jl. S. Parman No.1 Kediri Tabanan
1 -10-1994
Nama Sasana Rehabilitasi Penderita Cacat Netra diganti dengan Panti Sosial Bina Netra
1999
Menjadi unit pelaksana teknis Departemen Sosial
Terlikuidasi bergabung menjadi UPT Badan Kesejehteraan Sosial Nasional (BKSN)
2001
Kembali Menjadi UPT Departemen Sosial
2007
Melaksanakan Program Multi Layanan dan Program Penjangkauan
2010
Nama Departemen Sosial RI Berubah menjadi Kementerian Sosial RI

TUGAS POKOK

Memberikan bimbingan, pelayanan, dan rehabilitasi sosial yang bersifat kuratif, rehabilitatif, promotif dalam bentuk bimbingan pengetahuan dasar pendidikan, fisik, mental, sosial, pelatihan, ketrampilan, resosialisasi, bimbingan lanjut bagi penyandang cacat netra agar mampu mandiri dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat serta pengkajian dan penyiapan standar pelayanan, pemberian informasi dan rujukan. 

Sesuai Keputusan Menteri Sosial RI No. 85/HUK/tahun 2007 PSBN Mahatmiya sebagai salah satu UPT di lingkungan kementerian sosial RI yang menyelenggarakan uji coba multi layanan kepada penyandang cacat tubuh ringan dan tuna rungu wicara

FUNGSI

  1. Penyusunan Rencana dan Program, Evaluasi dan Laporan
  2. Pelaksanaan Registrasi, Observasi, Identifikasi, Diagnosa Sosial dan Perawatan
  3. Pelaksanaan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial yang Meliputi Bimbingan Mental, Fisik dan Ketrampilan
  4. Pelaksanaan Resosialisasi, Penyaluran dan Bimbingan Lanjut
  5. Pelaksanaan Pemberian Perlindungan Sosial, Advokasi Sosial, Informasi dan Rujukan
  6. Pelaksanaan Pusat Model Pelayanan Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial
  7. Pelaksanaan Urusan Tata Usaha
VISI

Mewujudkan Kesetaraan dan Kemandirian Sosial Penyandang Disabilitas di Masyarakat

MISI
  1. Menyelenggarakan Rehabilitasi Sosial bagi penyandang disabilitas sesuai dengan standar Rehabilitasi Sosial yang berlaku
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Penyandang Disabilitas
  3. Meningkatkan profesionalisme Pekerja Sosial dalam Rehabilitasi Sosial bagi Penyandang Disabilitas
  4. Memenuhi sarana dan prasarana penunjang kegiatan panti sesuai dengan Standar Rehabilitasi Sosial
TUJUAN
  1. Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Cacat Netra, Penyandang Cacat Tubuh, dan Penyandang Cacat Rungu Wicara Sesuai Standar
  2. Aparatur Struktural dan Aparatur Fungsional Telah Memenuhi Kualifikasi dan Kompetensi Sesuai Dengan Nomenklatur yang Ditetapkan
  3. Penyebarluasan Informasi Mengenai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Kepada Seluruh Lapisan Masyarakat
  4. Menumbuhkembangkan Kemitraan dalam Penyaluran Mantan Penerima Manfaat
  5. Sarana dan Prasarana Aparatur Pemerintah dan Sarana Prasarana Penunjang Kegiatan Panti Sesuai Dengan Peraturan yang Berlaku