1. Tujuan

    Pemberian alat bantu penyandang disabilitas bertujuan untk meningkatkan kemampuan penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak dasar. Memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi penyandang disabilitas yang membutuhkan alat bantu yang berguna dalam membantu mobilitasnya.

  2. Pelaksanaan Kegiatan

    Pemenuhan kebutuhan alat bantu bagi penyandang disabilitas fisik, mental, sensorik. Tahapan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan meliputi: verifikasi dan seleksi, pengusulan bantuan, pengukuran, pemberian bantuan sosial digunakan untuk alat bantu mobilitas penyandang disabilitas.

  3. Kriteria Penerima Bantuan

    Adapun penerima manfaat adalah penyandang disabilitas yang membutuhkan alat bantu, dan berkategori miskin

  4. Pendamping Kegiatan

    Penyandang disabilitas membutuhkan pendampingan sampai dengan bantuan sosial tersebut dapat disalurkan dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

  5. Indikator Keberhasilan

    Output kegiatan pemberian alat bantu dapat dihitung dari jumlah penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan berupa alat bantu;

    1. Alat bantu bagi penyandang disabilitas fisik (kruk, kursi roda, protesa dan orthesa)
    2. Alat bantu bagi penyandang disabilitas sensori (reglet, tongkat putih, kaca mata untuk low vision, jam tangan bicara, komputer bicara, alat bantu dengar, dll)
    3. Alat bantu bagi penyandang disabilitas intelektual berupa alat bantu belajar seperti buku bicara, alat permainan edukatif, dll).

    Keberhasilannya dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak dasar melalui pemberian alat bantu; penyandang disabilitas yang meningkat kemampuan mobilitasnya dan mengakses hak dasar